PEMBINAAN KELOMPOK UPPKS DI KABUPATEN SANGGAU

resizedimage-2

(Sanggau) Kamis kemarin (26/3) Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat bekerja sama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan, Keluarga Berencana dan Perlindungan Anak (BP2KBPA) Kabupaten Sanggau mengadakan kegiatan pembinaan kepada kelompok UPPKS atau Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera yang berada di Kabupaten Sanggau. Kegiatan pembinaan yang berlangsung di ruang pertemuan kantor BP2KBPA Kabupaten Sanggau tersebut dibuka oleh Sekretaris Badan, dr. Johan Soko dan dihadiri oleh 15 perwakilan kelompok UPPKS di Kabupaten Sanggau. Sementara itu, dari Perwakilan BKKBN Kalbar hadir Kasubbid Pemberdayaan Ekonomi Keluarga, Hadirin, SH.
Menurut Sekretaris Badan KB Kabupaten Sanggau, Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) merupakan program yang pelaksanaannya diintegrasikan dengan program KB (Keluarga Berencana), yang bertujuan untuk meningkatkan kondisi ekonomi keluarga. Tanpa kondisi ekonomi yang baik, mustahil keluarga akan dapat meningkatkan kualitas kehidupan. Kegiatan usaha ini telah dirintis dan dipelopori oleh BKKBN yang merupakan model usaha mikro keluarga yang berfungsi untuk menggerakkan roda ekonomi keluarga melalui pembelajaran usaha ekonomi dengan cara menggugah minat dan semangat keluarga untuk berwirausaha.
Dalam kesempatan yang sama, Kasubbid Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, Hadirin, SH., juga memberikan materi pembinaan terkait dengan pengelolaan kelompok UPPKS yakni bagaimana melihat potensi pangsa pasar guna pemasaran produk-produk UPPKS, bagaimana peningkatan kualitas produk UPPKS itu sendiri, dan juga yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana meningkatkan kualitas keluarga dan kesertaan ber-KB secara mandiri pada Pasangan Usia Subur yang menjadi anggota UPPKS. Sementara itu, Kepala Seksi KS (Keluarga Sejahtera) BP2KBPA Kabupaten Sanggau memberikan materi terkait dengan sistematika pelaporan kelompok UPPKS yang ada di Kabupaten Sanggau, sehingga akan lebih memudahkan dalam pengawasan, pembinaan dan pengembangannya. Maju terus kelompok UPPKS.. (tan)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *