BP2KBPA dan MPM Sanggau Gelar Lomba Kue Tradisional

resizedimage

Sanggau, thetanjungpuratimes.com – Lomba membuat aneka kue dan minuman tradisional antar Kelurahan se-Kota Sanggau, berlangsung meriah. Kegiatan yang berlangsung di Keraton Suryanegara Sanggau ini, merupakan kerjasama Kantor BP2KBPA Sanggau dengan Majelis Perempuan Melayu (MPM) Kabupaten Sanggau.

Kegiatan ini diketuai Umami Toyib, hadir pula Ketua MPM Sanggau Ulfa Sonhaji, Ratu Suri Keraton Suryanegara Sanggau, Hj Sri Rahmawati, para Lurah se Kota Sanggau, serta para perwakilan organisasi wanita di Kabupaten Sanggau.

Saat lomba, para peserta menunjukkan kreativitas dan keindahan kue hasil karyanya. Diantaranya pembuatan kue Calum, Kote da Bingka yang dikreasikan lagi.

Lomba kue tradisionil ini dibuka Kabid Pemberdayaan Perempuan pada Kantor BP2KBPA Sanggau, Dra Hj Urai Mariati Zawawi.

“Lomba ini tidak hanya sekedar mencari kemenangan. Kita harus pandai memanfaatkan suatu bahan yang semula tidak atau kurang bermanfaat, menjadi lebih bermanfaat dan yang semula kurang bernilai, dengan sentuhan seni akan mempunyai nilai lebih,” ungkapnya kepada wartawan, Minggu 924/4).

Mariati berharap, agar ibu-ibu setelah selesai lomba membuat kue ini dapat dipraktekkan di tempat lain. Nantinya penganan yang disediakan untuk keluarga di rumah tidak hanya kue modern saja. Tapi kue hasil olahan ibu-ibu sendiri memiliki nilai gizi tinggi. Lomba ini memiliki nilai kreativitas dan estetika yang tinggi dalam merangkai dan mengolah. Maka saat lomba ini diperlukan ketrampilan khusus, perlu belajar dan berlatih,” ujarnya.

Sementara, untuk juara I diraih Nitasari dan juara II diraih Budiarti dan Erniwati masing-masing dari Kelurahan Bunut. Lantas untuk juara III diraih Dayang Eteng dari Tanjung Sekayam. Sementara untuk juara harapan I diraih Titi Marini dari Kelurahan Sungai Sengkuang, juara harapan II diraih Ida Zamal dari Kelurahan Tangjung Sekayam, kemudian untuk juara harapan III diraih Rosnawati dari Kelurahan Tanjung Kapuas.

Dewan juri pada lomba kue tradisionil ini yakni Hj Ikhsan, Dra Hj Jamilah dan Dra Hj Urai Mariati Zawawi. (Muhammad/Yuniar)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *